Pengertian dan Proses Pembentukan Gaharu


Kebanyakan orang salah mengartikan gaharu. Mereka mengira gaharu adalah pohon, tapi sebenarnya gaharu adalah gumpalan yang ada pada pohon tertentu, jadi bukan nama pohonnya. Secara lebih detail Gaharu adalah substansi aromatik yang merupakan  gumpalan yang biasanya terdapat pada sele-sel kayu. Bentuknya bisa bermacam-macam dengan berbagai warna dan yang pasti mempunyai bau yang wangi.


Gaharu berasal dari pohon atau bagian pohon yang tumbuh secara alami yang telah mati karena proses infeksi yang terjadi baik karena kejadian alami maupun buatan. Tidak Semua pohon bisa menghasilakan gaharu. Tetapi hanya pohon-pohon tertentu saja yang bisa menghasilkan gaharu. Salah satu jensi pohon yang bisa menghasilkan gaharu adalah Aquilaria sp.

Selain gaharu orang juga sering menyebutnya dengan istilah lain seperti  Karas, sebagian orang juga ada yang menyebut Alim atau Garu.

Proses Pembentukan Gaharu
Gaharu dhasilka oleh tanaman melalui proses alamiah maupun buatan (campur tangan manusia). Gaharu adalah gumpala yang dhasilkan oleh tanaman sebagai akibat dari respon terhadap mikroba yang masuk ke dalam jaringan yang terluka. Luka pada pohon ini bisa terjadi secara alami maupun buatan.Contoh luka yang secara alami yaitu karena batang yang patah atau kulit yang mengelupas.  Contoh luka karena campur tangan manusia adalah dengan penggergajian.

Masuknya mikroba ke jaringan akan dianggap benda asing oleh tanaman sehingga sel tanama akan memproduks suatu senyawa fitoaleksin yang fungsinya sebagai pertahanan dari penyakit atau benda asing yang berusaha masuk ke pohon tersebut. Senyawa Fitoaleksin ini berupa resin yang berwarna coklat, memiliki bau yang harum atau orang lebih mengenalnya dengan gaharu. Resin ini menumpuk pada pembuluh darah xilem dan floem yang tujuannya untuk mencegah meluasnya luka ke jaringan lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Blog Ini

Pemesanan

RIPA WAHYUDI

Pin BB :59D560A8
SIMPATI : 081339111155
THREE : 08970868918
INDOSAT : 085737790547
Diberdayakan oleh Blogger.